Just another free Blogger theme

Pengelola

Foto saya
Brebes, Jawa Tengah, Indonesia
Sugiharto, S.Pd.I, M.Pd. Lahir di Pati Jawa Tengah. 19 September 1990. Menempuh pendiidkan Mulia dari RA. Masyithah (1997), SD Kertomulyo II (2003), MI Miftahul Huda (sore 2004), MTs Raudltul Ulum (2007), MA Raudltul Ulum (2010) semuanya berada di Pati Jawa Tengah. Kemudian melanjutkan Pregram sarjana di STIT Al-Fattah siman Lamongan Jurusan PAI Lulus Tahun 2014. Tidak sampai disitu kemudian mengambil Program Magister di UIN Sunan Kali Jaga Fakultas Tarbiyah lulus 2019. Sekarang Mengabdikan diri di MAN 1 Brebes

Selasa, 10 Januari 2023

 Apa Hukum bersedekah / Selamatan 3,7,40,100 hari dan seterusnya?

سؤال ما حكم تهيئة الاطعمة من اهل الميت  لضيافة المعزين  يوم الوفاة  او غير ه وقصد بذلك التصدق عن الميت  فهل له ثواب ذلك التصدق ام لا ؟  الجواب  ان تهيئة الاطعمة يوم الوفاة او ثالث ايامها او سابعها  مكروهة  من حيث الاجتماع  والتخصبص  وتلك الكراهة لا تزيل ثواب الصدقة ( اعانة الطالبين ج٢ص١٤٥)

والتصدق عن الميت بوجه شرعى مطلوب  ولا  بتقيد  بكونه في سبعة ايام  او اكثر  او قل وتقييده ببعض الايام من العوائد فقط ،اما الطعام  الذى يجتمع عليه الناس ليلة دفن الميت المسمى بالوحشة  فهو مكروه مالم يكن من مال الايتام  والا فيحرم ( نهاية الزين شرح قرة العين ج٢ص٤)

 جميع ما يفعل مما ذكر في السؤال من البدع المذمومة لكن لا حرمة فيه الا ان فعل شيئ منه لنحو نائحة او رئاء ( الفتاوى الفقهية الكبرى)

Keterangan :

Dari ibarat-ibarat (analogi-analogi) yang ada pada beberapa kitab di atas ,dapat di pahami  bahwa :

1. Selamatan kematiaan hukumnya cuman makruh / bid'ah  makruhah

2. Hukum makruh  ini berlaku apabila tidak ada harta anak yatim ( anaknya mayit  yang belum balig ) dan tidak bertujuan niyahah dan ritsa' ,jika ada harta anak yatim  bertujuan niyahah atau ritsa' maka selamatan hukumnya haram

3. Hukum makruh  bukan pada dzatiah sedekahnya akan tetapi pada penentuan waktu dan harus dengan cara berkumpul Dengan  demikian pahala sedekah tetap ada ,dan bisa  sampai pada mayit  jika di hadiahkan .

Sumber: Kitab ‘ianatut Thalibin, Nihayatuz Zain Syarah Qurratul ‘ain dan al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra